Knowledgebase:
Cara Menggunakan FTP
Posted by - NA -, Last modified by on 07 November 2007 06:54 AM
Umumnya , anda yang mempunyai hosting dapat mentransfer file dari komputer lokal anda ke hosting anda menggunakan ftp service, begitu pula sebaliknya.
Akan kami berikan contoh dari beberapa cara yang mudah :

1. Cara untuk ftp dari command prompt / dos prompt

Skenario :

Pertama tama, pilihlah sebuah direktori dimana file file yang akan anda upload berada.
mari kita coba asumsikan, bahwasanya file file yang akan anda upload berada pada path direktori D:\localhost\web1> dan file yang akan anda upload bernama websitetemplate.zip

* Klik Start Menu --> Run
* Ketikkan : "cmd" atau bisa juga dengan mengetikkan "command" (tanpa tanda kutip) dan tekan enter
* Ketik pada command prompt : "ftp namadomain anda" (tanpa tanda kutip) dan tekan enter.
* Anda akan ditanya username ftp nya, maka ketikkan username anda dan tekan enter.
* Setelah ditanya username ftp, maka anda akan ditanya untuk ftp password username ftp tadi. Masukkanlah password ftp anda dan tekan enter.
* Nah setelah anda masuk, maka harusnya sudah ada tulisan seperti : "230-User namauserftpanda has group access to: namauserftpanda" dan "230 OK. Current restricted directory is /"
* Setelah ada tulisan diatas, silahkan anda list direktori tersebut, dengan menggunakan command "DIR" dan tekan enter. ( keterangan : untuk windows, insensitive character , jadi tidak masalah apa anda ingin menggunakan huruf capital / tidak pada command )
* Normalnya, untuk upload ke published web folder pada hosting anda, biasanya kalau pada linux di taruh pada folder public_html , dan untuk windows pada folder httpdocs / httpsdocs. hal ini bergantung dari hosting anda memakai os apakah nantinya untuk hosting account nya.
* Pindah ke direktori yang dituju, dengan menggunakan command "CD" asumsikan anda ingin ke folder public_html, maka ketik "cd public_html" dan tekan enter
* Untuk memastikan apakah anda sudah berada pada direktori yang benar, ketik "PWD" dan tekan enter.
* Setelah pasti, taruh file yang akan anda upload ke folder saat ini, dengan cara mengetikkan "PUT (spasi) namafilenya" dan klik enter. dalam hal ini contoh dari asumsi yang ada : "PUT websitetemplate.zip"


(1099 vote(s))
Helpful
Not helpful

Comments (0)
Post a new comment
 
 
Full Name:
Email:
Comments: