Knowledgebase: Layanan
Apa itu Hosting?
Posted by - NA -, Last modified by on 25 July 2008 07:28 AM
Hosting (atau Web Hosting) adalah jasa layanan internet yang memungkinkan para penggunanya menyimpan website untuk diakses di dunia Internet. Hosting memiliki komputer server yang terhubung dengan internet, online 24 jam sehari, dan menyediakan harddisk space yang dipergunakan bersama oleh para pengguna (penyewa) hosting tersebut. Maka kami selaku penyedia webhosting bagi anda, tentunya perlu menyampaikan hal-hal berikut.

Dua fungsi utama yang dijalankan di server hosting adalah HTTP dan FTP. HTTP memungkinkan para internet surfers untuk mengunjungi situs yang ada di server lewat web browser. FTP memungkinkan para pemilik web untuk meng-upload file-file website mereka ke server. Di samping dua layanan ini, hosting biasanya menyediakan fasilitas email, sehingga para pengguna hosting bisa memiliki alamat email yang menggunakan domain name website mereka sendiri. Populernya dynamic-content membuat support untuk database dijumpai hampir di semua hosting, biasanya berupa MySQL atau PostgreSQL.

Untuk memudahkan pemilik web mengatur berbagai macam aspek dari website mereka, hosting menyediakan fasilitas Control Panel (misalnya Cpanel, Plesk). Hampir semua setting yang berhubungan dengan website bisa dilakukan melalui Control Panel ini, misalnya membuat subdomain, membuat account email baru, mailing lists, mengatur database, melihat statistics pengunjung dan melihat pemakaian disk space dan bandwidth. Termasuk juga menginstall berbagai macam aplikasi web yang umum dipergunakan, misalnya Blog Engine, photo gallery, forum, dan lain-lain.

(640 vote(s))
Helpful
Not helpful

Comments (0)
Post a new comment
 
 
Full Name:
Email:
Comments: